Kunjungan STKIP Muh Bulukumba ke Biskom

Asnawi dkk dalam kunjungan STKIP Muhammadiyah Bulukumba Sulawesi Selatan ke Biskom UAD

Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (Biskom) Universitas Ahmad Dahlan (UAD)) menerima kunjungan tamu Studi Banding dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jum’at, (14/12/2012). Tim IT dari STKIP terdiri dari 4 orang, dengan sistem paralel mereka mengunjungi Bidang SDM 2 orang dan ke Biskom 2 orang. Kunjungan ke Bisko yang diwakili oleh Bapak H. A. Asnawi, S.S. M.Hum dan Ibu Ernawati disambut langsung oleh jajaran kru Biskom antara lain Kepala Bidang Web dan Social Media, Ketua Urusan Jaringan dan Komunikasi, Kepala Urusan Pengembangan, Pemeliharaan, dan Keamanan Web, serta Kepala Urusan Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem Informasi dan beberapa staf Biskom yang dipimpin oleh Tawar, S.Si., M.Kom. selaku Kepala Biskom.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Biskom, Tawar menjelaskan tentang sistem pengelolaan Biro Sistem Informasi dan Komunikasi yang meliputi struktur organisasi dan pengelolaan Data dan Jaringan dan Pembuatan Sistem Informasi. Lebih khusus lagi Asnawi mendiskusikan tentang penggunaan lebih detail tentang Sistem Informasi Akademik (SIA) di UAD, baik dari sisi user sebagai mahasiswa, dosen, tata usaha, maupun dari sisi adminitrator. Tawar juga menjelaskan keterkaitan SIA UAD dengan sistem informasi lain yang terkait, antara lain sistem pembayaran SPP Mahasiswa yang sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang sudah terintegrasi dengan sistem SIA dan sistem pengelolaan keuangan UAD.
Selanjutnya dijelaskan tata kelola dan kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan IT di UAD, prioritas pembangunan sistem informasi ditujukan pada operasional yang berhubungan dengan akademik. Asnawi dan rombongan menjelaskan kunjungan ke Biskom ini merupakan kunjungan di hari ketiga dari empat hari kunjungan yang dikhususkan untuk studi banding seluruh sistem di UAD, harapannya ke depan dapat terjalin kerjasama yang lebih intensif untuk kemajuan bersama. (@)