SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta Lakukan Kunjungan Industri ke Biskom UAD

Perwakilan Biskom dan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 YogyakartaRabu, 4 Desember 2013, bertempat di ruang sidang kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) rombongan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta khususnya Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) disambut pimpinan Biro Sistem Informasi dan Komunikasi (Biskom).  Dipimpin langsung oleh Kepala Sekolahnya yaitu Bapak Drs.  Ahmad Dahlan para siswa-siswi yang berjumlah 25 orang dan didampingi 4 guru pendampingnya melakukan interaksi sambutan dan presentasi dari Biskom.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Imam Riadi, S.Si., M.Kom. yang mewakili Kepala Biskom yang saat ini sedang melaksanakan tugas luar kota. “Dengan kunjungan ini semakin mempererat silaturahim antara UAD dan SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta yang notabenenya satu naungan di bawah pendidikan Muhammadiyah”, kata Imam Riadi yang  juga dosen Sistem Informasi. Lanjut Imam Riadi, bahwa di UAD ini juga siap menerima kedatangan siswa-siswi ini nanti jika sudah lulus di beberapa program studi yang sesuai dengan jurusan di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta.”

Peserta rombongan SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Drs. Ahmad Dahlan selaku perwakilan rombongan menyampaikan bahwa, beliau juga menjadi bagian dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ini, karena ternyata beliau adalah alumni UAD semasa masih IKIP tahun 1978  tahun yang lalu. Kunjungan ini merupakan kunjungan industri untuk memperkenalkan anak-anak SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta ini terutama mengenal tentang pengelolaan sistem informasi yang ada di UAD.

Biskom memiliki 3 bidang, yaitu Bidang Networking dan Komunikasi, Bidang Sistem Informasi, dan Bidang Web dan Social Media. Sesuai dengan jurusan yang diambil para siswa-siswa ini (RPL) maka konsentrasi materi yang dijelaskan lebih banyak porsinya oleh Bidang Sistem Informasi. Informasi bidang lainnya juga disematkan untuk memperkenalkan secara global.

Agar lebih mendalami apa yang dipelajari dalam kunjungan ini, maka rombongan akan diajak secara langsung melihat server-server yang dimiliki yang dikelola Biskom UAD. Siswa-siswa juga diajak melihat secara langsung bagaimana sebuah perangkat lunak itu dibuat dengan mengunjungi ruang programmer yang menjadi base camp pembangunan sistem informasi-sistem informasi dibangun dan dirawat. Juga agar lebih mengenal lebih dekat proses RPL, maka dijelaskan secara global bahasa framework yang digunakan di UAD sehingga lebih memudahkan dalam pengembangan sebuah perangkat lunak.

Rombongan mengakhiri kunjungannya sebelum waktu dhuhur dan mereka berpamitan untuk melanjutkan perjalanan kunjungan ke lokasi lain.  “Terima kasih kami ucapkan atas kerja sama dalam kunjungan ini, dan semoga dapat berlanjut menjadi suatu jalinan kerja sama yang lebih baik lagi, misalnya dilanjutkan dengan MoU untuk program tertentu yang saling menguntungkan, amiiin”, demikian kata pamitan yang disampaikan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta di akhir acara kunjungan industri ini. (@)

Filed in: Biskom • Wednesday, December 4th, 2013

Comments are closed.

 

About

Jl. Kapas 9, Semaki,Umbul Harjo, Yogyakarta 55166; Tlp: (0274) 563515, 511829 (Rektorat), 511830; Faks.: (0274) 564604